Pengertian Cpanel & WHM Tahun Ini

Di Kiriman Kali Ini Saya Akan Menjelaskan Pengertian & Perbedaan Dari cPanel & WHM. 
Siapa Sih Di Era Ini Yang Belum Tahu cPanel? WHM? Pasti Banyak Dong Diantaranya Yang Sudah Tau...
Bagi Anda Yang Belum Tau Yuk Simak Artikel Berikut Untuk Mengetahui Apa Itu WHM, cPanel & Perbedaan Nya.




 Pengertian cPanel

cPanel adalah panel control berbasis web grafis yang membantu anda dengan cepat dan mudah mengelola website anda dan account hosting. Software cpanel memberi anda kontrol penuh atas sejumlah besar fungsi, yang berguna untuk menyederhanakan proses seperti :
- Creating databases

- Managing website files
- Setting up email account & auto responding

cPanel & WHM adalah perangkat lunak yang membuat hidup lebih mudah bagi penyedia webhosting dan pemilik situs web yang mereka layani. cPanel menawarkan alat canggih yang mudah digunakan yang melakukan tugas-tugas penting dengan cepat, mudah, dan handal.

 cPanel =>Admin Web
Software cPanel untuk pemilik situs web menyediakkan salah satu antarmuka pengguna yang paling familiar di dunia untuk mengelola sebuah situs web. cPanel (control panel) yang juga merupakan sebuah halaman web yang berguna untuk memanage domain atau website secara individu (misal http://namawebsiteanda.com. 

cPanel memiliki beberapa feature/kegunaan, termasuk diantaranya untuk memanage email dan semua opsinya, log (pencatatan kegiatan hosting, seperti siapa saja yang mengakses website), settingan keamanan (untuk website), domain management (seperti manage subdomain, addon domain, dan lain sebagainya), settingan database dan banyak kegunaan lainnya.

 Pengertian WHM

pengelola webhost (WHM) memberikan penyedia hosting dengan antarmuka grafis untuk mengelola setiap account di server. atau WHM dapat disebut juga sebuah halaman web yang digunakan untuk memanage layanan-layanan atau fungsi reseller, dan untuk administrator WHM juga digunakan untuk memanage semua website yang ada pada server hosting.

Melalui WHM pengguna dengan level akses tertentu diizinkan menggunakan fungsi untuk memanage domain-domain yang terhosting disana, misal untuk memanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yang telah di tambahkan ke hosting, termasuk untuk menambah menghapus dan memodifikasi domain di hosting.

Saat kita menambah domain melalui WHM, maka setiap domain tersebut akan memiliki account cpanel yang berbeda-beda, satu domain (yang ditambahkan ke hosting melalui WHM) satu account cpanel.

Dengan WHM software, manajer dapat mengkonfigurasi service, deployment paket, kontrol DNS dan konfigurasi FTP, account, pengaturan keamanan, dan banyak lagi.

 Perbedaan cPanel & WHM

cPanel digunakkan untuk mengatur sebuah website sedangkan WHM digunakkan untuk mengatur beberapa atau banyak website dan juga untuk mengatur hosting servernya sendiri (khusus untuk admin hosting). Pengguna yang menghostingkan domain akan membutuhkan cpanel untuk memanage bermacam-macam aspek pada website mereka. Reseller (pengguna dengan paket hosting lebih dari satu domain) dan perusahaan web hosting akan menggunakan WHM untuk mengatur banyak domain (menambah, menghapus dan memodifikasi domain serta fungsi lainnya), tapi bukan untuk memanage pengaturan secara individu masing-masing domain.

Jadi cpanel dan WHM adalah sebuah kombinasi yang sangat bagus untuk memanage sebuah web hosting. Dengan antarmuka yang user friendly dan cukup sederhana sehingga memudahkan kita untuk mengatur sistem web hosting tanpa harus memiliki keahlian dan pengetahuan seputar antarmuka UNIX atau LINUX command line.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Halaman Kami & Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua. 
Bila Ada Penulisan Kata Mohon Dimaafkan Yang Sebesar Besarnya. 

Sumberhttps://www.legancymedia.xyz/2018/07/pengertian-dan-perbedaan-whm-dan-cpanel.html

0 Response to "Pengertian Cpanel & WHM Tahun Ini"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel