Berbagai Cara Mereset Mikrotik Hard Reset

Reset mikrotik menggunakan 2 cara yaitu soft reset (mereset mikrotik melalui system, dengan cara klik menu system > reset configuration) dan hard reset (mereset mikrotik langsung di routherboard, dengan cara menekan tombol reset selama 5 detik)



A. Soft Reset

Langkah reset yang saya lakukan di atas di sebut (kalau tidak salah) soft-reset, karena saya mereset mikrotik melalui program atau fitur yang sudah di sediakan mikrotik, berikut caranya :

Pada menu utama mikrotik klik menu system > Reset configuration, sehingga muncul option seperti ini :

Keep User Configuration : Mereset semua konfigurasi, kecuali konfigurasi user mikrotik
No Default Configuration : Tidak menggunakan konfigurasi default mikrotik ketika sudah di reset
Do Not Backup : Tidak membackup konfigurasi terlebih dahulu sebelum mereset konfigurasi
Run After Reset : menjalankan langsung sebuah service / file, setelah proses restart selesai.
system reset-configuration keep-users=yes no-defaults=yes skip-backup=yes
Catatan :
Untuk versi script ganti variable yes menjadi no, jika tidak ingin menggunakan option diatas.

B. Hard Reset

Untuk yang kedua ketika mikrotik error, dimana ke lima port mikrotik tidak stabil setiap 5 detik menyala, 3 detik mati dan begitu seterusnya, entah apa yang menjadi penyebabnya saya tidak tahu, hal terakhir yang saya lakukan adalah ketika ingin mengerjai teman kantor yang akan mendownload sebuah file, yaitu dengan cara mematikan / disable port yang terhubung dengan internet, maka otomatis internet di kantor mati.

Niatnya mau ngerjain, saya malah di kerjain internet kantor pun mati selama 4 jam dari jam 16:00 sampai jam 20:00, selama 4 jam itu pula saya ngotak-ngatik mikrotik kenapa bisa seperti ini, hal yang saya lakukan ketika itu adalah menanyakan hal ini kepada teman saya, dan jawabannya adalah kemungkinan RBnya sudah rusak. Setelah mendengar jawabanya itu lantas saya alihkan terlebih dahulu internetnya ke router wifi linksys e900 agar internet tetap jalan.

Masih belum menyerah, akhirnya saya coba untuk mereset mikrotik dengan resiko konfigurasi dari awal lagi, karena cuman ini satu-satunya jalan, akhirnya dengan banyak pertimbangan mikrotik pun saya reset. Teknik reset mikrotik yang saya gunakan adalah Hard Reset, dimana mereset mikrotik langsung pada hardware / RoutherBoard , sedangkan untuk mikrotik yang saya gunakan adalah RB750r2, berikut caranya :
  1. Pertama matikan mikrotik dengan cara mencabut adaptor listriknya.
  2. Dalam keadaan mikrotik mati, ambilah sebuah pulpen atau benda lainya yang dapat masuk ke lubang reset mikrotik, tekan lubang tersebut menggunakan pulpen kurang lebih selama 20 detik.
  3. Masih dalam keadaan di tekan, hidupkanlah mikrotik dan tekan selama 20 detik lagi atau sampai lampu adaptor mati / berkedip dan menyala kembali.
Setelah melakukan hard reset, mikrotik pun normal kembali, port yang ada pada mikrotik tidak berkedip / mati-hidup, dan akhirnya mikrotik pun saya konfigurasi ulang dari awal sampai seperti kedaan semula.

C. Netinstall

Jika mikrotik masih error meskipun sudah melakukan hard reset, cobalah untuk melakukan reset mikrotik dengan menggunakan net install, cara ini agak sedikit ribet karena ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Untuk cara reset mikrotik menggunakan netinstall bisa kalian lihat di link berikut Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Netinstall, Ada videonya juga

0 Response to "Berbagai Cara Mereset Mikrotik Hard Reset"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel